Tanggul Sungai Jebol, Rob Rendam Hektaran Bawang Perdukuhan Warga

  • Whatsapp

Lintaskalteng.com | BREBES – Akibat pengaruh curah hujan yang terjadi di puncak musim penghujan Januari-Februari 2019 sehingga Rob Tanggul Sungai Bancang sepanjang 60 meter dan tinggi 2 meter di Dusun Soka Desa Randusari Kecamatan Losari, jebol. Berkubik-kubik air menggenangi pedukuhan khususnya areal persawahan warga, Jumat (4/1/2019).

Hal ini sampaikan Danramil 05 Losari Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Sutarno, pada hari Kamis tanggal 3 Januari 2019, wilayahnya diguyur hujan deras yang kemudian mengakibatkan Sungai Bancang, anak Sungai Cisanggarung, meluap akibat debit air kiriman dari hulu yang berlebih. Tanggul di salah satu titik dusun tersebut menjadi rapuh akibat terendam dan akhirnya jebol karena tak mempu menahan derasnya debit air.
Untuk sementara korban jiwa dilaporkan nihil, dan kerugian harta benda masih dalam tahap kalkulasi. Untuk persawahan penduduk setempat dan tetangganya di wilayah Kecamatan Tanjung, baik tanaman padi maupun bawang merah terendam dengan ketinggian bervareasi rata-rata 50 centimeter.
“Langkah-langkah yang diambil sementara, pihak kami sudah berkoordinasi dengan desa dan selanjutnya melaporkan kepada Komandan Kodim, BPBD dan Dinas PU Kabupaten Brebes guna penambalan tanggul dengan alat berat. Sedangkan untuk penggerakan warga dalam melaksanakan karya bhakti masih menunggu bantuan alat berat untuk mempercepat proses dan bronjong,” ungkap Sutarno.
Sampai berita ini dipublikan menurut informasi pada Pukul 16.00 WIB, sungai sudah surut. Babinsa dan masyarakat sedang berupaya mengumpulkan karung guna membantu penambalan tanggul. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *