Kodim 0902/Trd Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Babinsa

  • Whatsapp

Lintaskalteng.com | BERAU – Bertempat diruang pertemuan Kodim 0902/Tanjung Redeb (Trd) pada Senin (7/1/2019) sekira pukul 08.00 wita, digelar pelatihan jurnalistik bagi para Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Makodim 0902/Trd. Kegiatan ini sendiri dibuka langsung oleh Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0902/Trd Mayor Inf Ahmad Sobirin.

Kegiatan pelatihan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kodim 0902/Trd, Kasdim menuturkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan babinsa dalam dunia jurnalistik, sehingga kedepannya program kegiatan disetiap Koramil dapat terpublikasi dengan baik.
“Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, dan kedepannya akan dilaksanakan secara bertahap,” tuturnya. Babinsa sebagai ujung tombak dari TNI dalam menjaga keamaan dan ketertiban dimasyarakat perlu mendapat perhatian dari masyarakat luas, sehingga setiap program atau kegiatan dapat diketahui oleh masyarakat bukan hanya dilokasi bertugas, namun juga diwilayah lainnya.Salah satu pemateri, Zuhri menuturkan, sudah saatnya Babinsa turut andil dalam membantu menyebarkan pesan positif melalui kegiatan yang dilaksanakan melalui media masa maupun media online.
“Jika dulu kegiatan Babinsa hanya diketahui oleh internal TNI, kami berharap dengan adanya kegiatan ini nantinya, setiap aktifitas dari teman-teman Babinsa dilapangan, dapat disebarluaskan melalui media masa mainstream atau media online yang dikelola oleh pihak Kodim,” katanya.
Meskipun peserta pelatihan merupakan TNI aktif namun dasar-dasar jurnalistik tetap harus dikedepankan, adapun materi yang disampaikan yakni, tata cara penulisan dan cara pengambilan foto.
“Kami tetap mengutamakan unsur 5W+1H, karena didunia jurnalistik hal tersebut sangat penting untuk membeberkan situasi ataupun program yang dilaksanakan kepada masyarakat luas,” pungkasnya.
Meskipun kegiatan ini berlangsung singkat namun diharapkan apa yang disampaikan oleh pemateri bisa diterapkan oleh para Babinsa, dan mereka mau mengajarkan kepada yang belum sempat hadir pada pelatihan tersebut. (Sgr/Red) Sumber Penrem 091/ASN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *