Dinas Pertanian Bartim Adakan Sosialisasi Dan Pelatihan Unit Pengelola Jasa Alsintan

  • Whatsapp

lintaskalteng.com | Untuk menambah kualitas pemahaman mengenai Alat Mesin Pertanian (Alsintan) pemerintah desa malintut Kecamatan Raren Batuah kabupaten Barito Timur KALTENG mengadakan sosialisasi terhadap Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), berlangsung hari Rabu, (23/1/2019), di Kantor balai desa malintut KECAMATAN RAREN BATUAH BARTIM. Kegiatan ini terkait dengan upaya dalam melakukan peningkatan produksi pertanian di kecamatan Raren Batuah kabupaten Barito Timur KALTENG.
Kepala desa malintut mengatakan sosialisasi ini juga sebagai bentuk evaluasi efektifitas berjalannya UPJA di desa malintut. Karena Alsintan menjadi faktor penting dalam mendukung produksi pangan di kabupaten Barito Timur KALTENG. Pasalnya, Alsintan ini dapat mempercepat dan menigkatkan mutu hasil pertanian.

Dalam kesempatan lain kepala dinas pertanian kabupaten Barito Timur Ir.Riza Rahmadi, MM menjelaskan fungsi utama kelembagaan UPJA, adalah untuk memberikan pelayanan jasa Alsintan dalam olah tanah, Budidaya, irigasi, panen dan pascapanen termasuk mendorong peningkatan hasil pertanian.
“Kedepannya, UPJA sangat memerlukan koordinasi dengan instansi terkait baik di dalam maupun di luar lingkup pemerintah secara terus menerus. Sehingga dalam perkembangannya UPJA diharapkan akan mampu memberikan andil dalam pembangunan pertanian, agar mencapai efesiensi signifikan dalam aspek kegiatan pertanian mulai olah tanah, pemeliharaan panen dan pasca panen,” papar kepala dinas pertanian kabupaten Barito Timur KALTENG.


Kepala dinas pertanian kabupaten Barito Timur menambahkan, pihaknya melakukan evaluasi terhadap UPJA sekaligus menyerap masukan yang diberikan oleh pengurus UPJA selama ini. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan UPJA dalam mengelola Alsintan, teknologi pertanian yang terpadu maupun pengelolaan pasca panen.
“Selama ini petani masih banyak yang belum mengerti prosedur operasional Alsintan itu sendiri, sehingga evaluasi terhadap UPJA perlu dilaksanakan” tutup Ir.Riza Rahmadi MM. (Red)
Sumber : Dinas Pertanian Bartim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *