Polres Mura Amankan PETI Beserta Barbuk

  • Whatsapp

Lintaskalteng.com I PURUK CAHU – Maraknya penambangan emas tanpa ijin (Peti_Red) di Bumi yang berjulukan Tira Tangka Balang, membuat satuan Reserse Kriminal Tindak Pidana tertentu (Satreskrim Tipidter) Polres Murung Raya, harus mengambil tindakan tegas demi menertibkan aturan Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dengan tidak tebang pilih.

Gambar : AY (44) warga Desa Muara Untu di duga sebagai pemodal dan pemilik unit.

Alhasil, seorang warga berinisail AY (44) Muara Untu, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) berhasil diamankan Satreskrim Tipidter Polres Mura beserta barang bukti (barbuk) di lokasi tempat penambangan emas diduga sebagai pemodal (Kepala Unit).
Menurut Kapolres Mura AKBP Esa Estu Utama, S.I.K melalui Kastreskrim AKP Ronny Nababan, S.I.K., S.E., S.H., mengatakan, Kami berhasil mengungkap tindak pidana kejahatan di bidang Minerba, dan mengamankan pelakunya. Mereka melakukan usaha pertambangan tanpa ijin,” ujar Kasatreskrim dalam releasenya, Jumat (25/1/2019) siang.
 
Gambar : Barang bukti yang berhasil diamankan Anggota Satreskrim Tipidter Polres Mura di TKP

“Saat itu anggota Satreskrim Polres Mura sedang melaksanakan patroli dan menemukan adanya kegiatan penambangan emas. Kemudian anggota menanyakan tentang perijinan kegiatan pertambangan tersebut, tapi tidak dapat menunjukkan ijin dari pihak yang berwenang. Selanjutnya barang bukti dibawa ke Polres Mura untuk proses penyidikan lebih lanjut,” terangnya.
 
Untuk tempat kejadian perkara (TKP) berada di lokasi Jl. Negara Puruk Cahu – Sei Hanyo tepatnya di daerah aliran sungai Sei Gatel, Desa Muara Untu, Kec. Murung, Kab. Mura.
Sementara, barbuk yang berhasil diamankan dari TKP satu buah unit Kato, satu buah mesin dumping, satu buah pompa air,.tiga buah pipa 5 inci, satu buah selang spiral 4 inchi, satu buah selang Spiral 5 inchi, satu buah selang Gabang, lima buah Karpet dan satu set panggung yang terbuat dari kayu.
“Tersangka akan kami sangkakan pasal 158 Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Minerba. Kita akan proses hukum sesuai ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku,” tegas Kasatreskrim (Jim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *