BPS Kabupaten Aceh Besar Gelar Pelatihan Petugas Sakernas 2019

  • Whatsapp

Lintaskalteng.com I KOTA JANTO – Melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Besar menyelenggarakan Pelatihan Survey Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) selama 3 (tiga) hari yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Januari 2019 di Hotel Permata Hati Aceh Besar.
Ketua Panitia dan juga sebagai kasie soisal BPS Kabupaten Aceh Besar yaitu Hendri Achmad Hudori,S.ST, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Sakernas kali ini di ikuti sebanyak 13 orang peserta yang terdiri dari 9 petugas pencacah lapangan (PCS) dan 4 orang Pengawas/pemeriksa ( PMS ), atau 6 orang dari pegawai organik BPS Kabupaten Aceh Besar dan 7 orang dari mitra. Pelatihan Sakernas dilatih oleh Instruktur Daerah yaitu Hafiz Meizar Aqil, SST.

Gambar : saat pelatihan Sakernas berlangsung yang diiukti puluhan peserta selama tiga hari sejak tanggal 28-30 Januari 2019 di Hotel Permata Hati Aceh Besar (foto : Red)

Acara dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar Teti Darmawati SE, dengan memberikan arahan dan sambutan serta membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut. Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar mengharapkan bahwa nantinya para peserta dapat memahami konsep /definisi dan Standart Operational Prosedure (SOP) yang telah diberikan oleh instruktur dalam pelaksanaan di lapangan nantinya.
Di samping itu juga Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar menjelaskan tujuan diadakannya pelatihan yaitu untuk menyamakan persepsi petugas dalam memahami konsep/definisi yang digunakan serta prosedur dan tata cara pengisian kuesioner yang digunakan dalam survey nanti.
Inti arahan Kepala BPS Kabupaten Aceh Besar adalah bahwa dalam berwawancara dengan responden harus banyak menggali informasi/keterangan dari responden sehingga diperoleh data yang akurat, selain itu petugas diharapkan harus memenuhi/menepati jadwal survei serta harus mengedepankan kualitas data yang dihasilkan.”ujarnya.
Teti melanjutkan, bahwa selama pelatihan, petugas akan menerima penyampaian materi dari instruktur. Materi yang diberikan Instruktur dalam pelatihan Sakernas meliputi penjelasan umum Sakernas, tujuan pengumpulan data Sakernas, konsep dan definisi yang terkait dengan daftar pertanyaan/kuesioner Sakernas (Daftar updating, DSRT, pencacahan sampel dan konsep indikator ketenagakerjaan) serta penjelasan teknis Sakernas Februari 2019 yang menjadi pedoman bagi petugas pencacah dan pengawas untuk mengatasi berbagai kendala yang terjadi di lapangan nantinya. Dijelaskan juga bahwa kegiatan sakernas 2019 dilaksanakan secara semesteran. Semester I dilaksanakan bulan Februari dan Semester II pada bulan Agustus.
Mudah-mudahan materi yang disampaikan pada saat pelatihan bisa menjadi bekal dan pedoman bagi peserta yang nantinya bisa diterapkan di lapangan dan diharapkan agar pelaksanaan Sakernas Februari 2019 ini dapat berjalan dengan lancar, selesai tepat waktu dan menghasilkan outpu yang baik pula.”tutupnya. (Red-001)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *