KOMPOLNAS : MRT Jakarta Bagus, Bersih dan Membanggakan

  • Whatsapp

JAKARTA I lintaskalteng.com Selama ini berita tentang kemacetan lalu lintas di Jakarta sering menghiasi berbagai media massa. Kemacetan yang terjadi ini dari waktu ke waktu diperkirakan akan bertambah macet jika tidak ada terobosan pemecahannya, apalagi jumlah orang dan kendaraan juga terus bertambah setiap saat. Dengan jumlah penduduk sekitar 9 juta orang dan ditambah jutaan orang dari sekitaran Jabodetabek yang bekerja di Jakarta pasti membutuhkan moda transportasi yang mampu memenuhi kebutuhan sehari – hari saat berangkat dan pulang kerja.

Salah satu terobosan inovatifnya adalah dengan membangun MRT. Meski ada sebagian orang yang menganggap terlambat, tetapi yang lebh penting ada berani untuk memulainya. Dan alhamdulillah sejak 24 Maret 2019 Jakarta sudah memiliki MRT tersebut.
Ada yang menarik pada hari Senin lalu tiga orang Komisioner Kompolnas yakni Bekto Suprapto, Dede Farhan Aulawi, dan Benedictus Nurhadi dengan didampingi Kepala Sekretariat Brigjend. Pol. Yehu Wangsajaya mencoba MRT dari Blok M ke Bundaran HI, dalam rangka mencoba sekaligus memantau sistem keamanan MRT Jakarta ini. Dihubungi secara terpisah melalui sambungan telpon, Komisioner Kompolnas Dede Farhan Aulawi yang juga sebagai Pemerhati Transportasi dan Pengamat Smart City menyampaikan beberapa keterangan terkait hasil pemantauan Kompolnas dalam mencoba MRT Jakarta ini. Dede menjelaskan bahwa MRT Jakarta (Jakarta Mass Rapid Transit/ Moda Raya Terpadu) ini tidak sekedar menjadi kebanggaan warga Jakarta saja, tetapi juga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Sekarang Jakarta sebagai ibukota negara memiliki Angkutan Cepat Terpaduyang merupakan sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik. Apa yang ada di Singapura, Kuala Lumpur dan berbagai ibukota negara lain, sekarang sudah ada di Jakarta. Jika utuk membangun dan mewujudkannya tidak mudah, maka selanjutnya dituntut kemampuan untuk menjaga dan merawatnya agar fasilitas yang membanggakan ini bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat yang berkunjung ke Jakarta. Ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh pengelola MRT Jakarta, yaitu mampu memberikan pelayanan transportasi yang berkualitas, aman dan nyaman pada masyarakat dan mampu mengembalikan cicilan hutang atas pembangunan yang dibiayai dari hasil pinjaman ini. Di samping itu secara tekknis harus mampu menjaga dan memelihara apa yang sudah dimiliki (maintainability) dan mampu menjamin bahwa MRT ini akan bisa dioperasikan dengan selamat (safe to be operate).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *