GAGAL..!!! Program PAMSIMAS di Desa Mukut, Tak Setetes pun Air Mengalir

  • Whatsapp

MUARA TEWEH, lintaskalteng.com – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan  Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Namun ironis, untuk pekerjaan PAMSIMAS di Desa Mukut, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah gagal total. dari Nilai kontrak Rp 300.000.000, sumber dana APB TA 2018, In-kind, In-cash, dan APBDes TA 2018 Desa Mukut, dengan rincian, APB sebesar Rp 210.000.000, In cash Rp 12.000.000, In kind Rp 48.000.000, dan APBDes Mukut Rp 30.000.000. Sejak selesai dikerjakan oleh pelaksana kegiatan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Desa Mukut pada pertengahan Desember lalu, dengan masa pelaksanaan 120 hari kalender, sarana air minum dan sanitasi ini belum berfungsi sama sekali. Salah satu warga yang namanya minta jangan dipublikasikan, kepada lintaskalteng.com, Jumat (17/05) menjelaskan, bangunan PAMSIMAS itu belum pernah difungsikan sampai hari ini. “Pembangunan PAMSIMAS ini melibatkan warga yang bekerja untuk pekerjaan proyek, namum yang kita sesalkan, sejak selesai dikerjakan, tidak setetes pun air dari pipanisasi untuk kebutuhan air minum itu pernah kita pakai,” terangnya.
Sementara, yang pasti bangunan ini gagal total, tidak berfungsi sama sekali. belum kondisi air yang keruh serta kotor dan beberapa pipa induk ada yang ditimpa kayu, sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari instansi terkait,” bebernya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *